Cari di blog ini

Links

donate here

Followers

03 Juli 2008

Indonesia International Motor Show 2008

Sarat Teknologi Canggih

Jakarta-Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kembali akan menggelar “The 16th Indonesia International Motor Show 2008 (IIMS 2008),” pada 11-20 Juli 2008 di Jakarta Convention Center.
Acara tahunan Gaikindo ini diharapkan dapat menjadi peluang bagi industri otomotif nasional untuk menampilkan produk unggulannya, secara khusus produk eco-technology untuk mendukung lingkungan yang bersih dan nyaman bagi kehidupan.
Acara yang didukung penuh oleh The International Organization of Motor Vehicle Manufactures (OICA) ini mengambil tema “Advanced Motoring, Hi-Quality Living” yang merefleksikan komitmen industri otomotif nasional untuk selalu mengedepankan perkembangan produk yang inovatif dan ramah lingkungan serta semakin aman dan nyaman.
Menurut Bambang Trisulo, Ketua Umum Gaikindo, hal ini sejalan dengan kesepakatan global pada The 13th COP/MOP United Nation Framework Conference on Climate Change (UNFCCC), atau konferensi perubahan iklim, yang diadakan di Nusa Dua-Bali pada akhir tahun lalu.

“Dalam industri otomotif, kelestarian alam semakin mendapat perhatian, terutama akibat pemanasan global serta perubahan iklim yang membawa dampak besar bagi makhluk hidup. Jadi, sudah selayaknya kita semua termasuk pelaku industri otomotif untuk semakin peduli dan berpartisipasi aktif melestarikan alam dan mengurangi dampak pemanasan global ini,” ujarnya di sela-sela acara paparan persiapan IIMS 2008, Selasa (24/6).
Menurutnya, negara di Asia Tenggara yang sudah menyiapkan insentif dengan baik, terkait dengan isu lingkungan di sektor untuk industri otomotif adalah Thailand. Negara itu juga sudah menyiapkan sejumlah kebijakan fiskal. Di Thailand, industri yang mampu memproduksi sedikitnya 150.000 unit mobil bersilinder kecil dengan konsumsi BBM 1 liter untuk 20 kilometer dapat insentif.
Insentif tersebut berupa pembebasan pajak selama delapan tahun. Kebijakan ini direncanakan efektif mulai tahun 2010. “Jika industri tersebut gagal memenuhi target produksi 150.000 unit per tahun, insentif fiskal otomatis dicabut. Jadi, industri tidak bisa bermain-main mengembangkan mobil murah,” jelasnya.
“Industri otomotif memiliki mata rantai bisnis, mulai manufaktur komponen, manufaktur kendaraan itu sendiri, jaringan distribusi dan layanan purnajualnya, baik bengkel resmi maupun umum-termasuk jaringan penjualan suku cadang di seluruh Indonesia,” timpal Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2008, sekaligus Wakil Ketua Gaikindo.
Di samping itu, lanjutnya, industri ini juga mengembangkan industri penunjang lainnya seperti pembiayaan dan asuransi. Dengan demikian mata rantai industri otomotif ini juga menciptakan peluang kerja yang sangat besar bagi masyarakat.

Menarik Investor
Berdasarkan data Gaikindo, industri otomotif berada pada urutan keempat penyumbang pajak, yakni Rp 30 triliun per tahun. Pesatnya perkembangan industri otomotif nasional akan menarik minat investor asing untuk ikut mengembangkan usahanya di Indonesia. “Pada IIMS 2008, produsen dan distributor komponen pendukung industri otomotif asal Beijing, Malaysia, dan Singapura juga berpartisipasi menampilkan produk-produknya,” jelas Johnny.
IIMS 2008 yang merupakan pameran otomotif ke-16 yang diselenggarakan Gaikindo, dirancang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena luas area pameran di Jakarta Convention Center, Jakarta ini mencapai total 60.000 m2 dibandingkan 48.000 m2 pada tahun sebelumnya.
Beberapa fasilitas juga ditambahkan demi kenyamanan pengunjung, antara lain outdoor foodcourt, koneksi internet untuk publik, dan shuttle bus dari JCC-Plaza Semanggi, JCC-Airport dan JCC- Plaza Senayan.
Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini juga dapat dinikmati secara khusus oleh pelajar dari beberapa sekolah terpilih dan para penyandang tuna daksa dengan diadakannya Children's and Student's Day dan kunjungan penyandang tuna daksa.
Saat ini beberapa kegiatan telah dimulai, yaitu The 4th Automotive Design and Styling Competition dan Lomba Penulisan Wartawan yang berhubungan dengan tema IIMS 2008. Sejalan dengan tema tahun ini, Gaikindo juga akan melaksanakan penghijauan yang akan dimulai di area jalan Tol Jakarta-Cikampek km 5 + 800 m pada 30 Juni 2008, dan untuk memperkenalkan dunia otomotif kepada anak-anak, diadakan juga Children's Colouring Competition pada 8 Juni sampai 15 juni 2008. (tot)

Komentar :

ada 0 komentar ke “Indonesia International Motor Show 2008”

Advertisers

adsense

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga LP * modified by eka DOT